Julukan Indonesia di Mata Dunia

Negeri Seribu Pulau
Dilansir situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia memilik sekitar 18.110 pulau. Dari jumlah itu yang sudah bernama sejumlah 13.466 pulau dan 11.000 pulau telah berpenghuni. Jumlah pulau tersebut memiliki tambahan sekitar 300 pulau dari perhitungan jumlah pulau terdahulu yang mencapai 17.805 pulau. Dengan jumlah pulau yang tersebar di wilayah Indonesia tersebut. Maka menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia ialah negara kepulauan. Terbentang di antara Benua Asia dan Benua Australia. Juga di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
Negeri seribu candi
Julukan negeri seribu candi bermula ketika Candi Borobudur terpilih sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak dapat ditentukan jumlah candi secara pasti di Indonesia, tentunya lebih dari 1.000 candi.

Candi-candi tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di Pulau Jawa terdapat Komplek Percandian Batu Jaya, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Lumbung, Candi Sewu, Candi Jago, Candi Kidal, Candi Panataran, dan lainnya. Di Pulau Sumatera juga terdapat beberapa candi seperti candi Muara Takus, Candi Bahal, dan Candi Muara Jambi. Di Pulau Bali juga terdapat Candi Gunung Kawi.

•Paru-paru dunia
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia, seperti hutan tropis atau hutan hujan.
Hutan-hutan tersebut tersebar diberbagai wilayah, seperti di Pulau Kalimantan. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen
Di negara Indonesia terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo. Ekosistem di Indonesia juga masih terjaga dengan baik.

Heaven earth
Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya alam tapi juga budaya yang beragam. Tak heran banyak yang takjub dengan Indonesia. Kondisi itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat.

Zamrud khatulistiwa
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang dilalui garis khatulistiwa. Dilansir National Geographic, letak astronomi Indonesia antara 6 derajat LU-11 derjat LS dan 95 derajat BT-141 derajat BT. Wilayah di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa adalah Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Zamrud khatulistiwa memiliki arti keindahan batu zamrud yang dilintasi haris khatulistiwa.

Macan Asia tertidur
Banyak negara di dunia mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam. Banyak negara menilai jika Indonesia memiliki potensi bisa menjadi negara yang besar dam maju. Sebenarnya julukan aslinya Macan Asia. Namun, di era modern berubah menjadi Macan Asia tidur.

Negara megabioversitas
-Dilansir www. indonesia.go.id, Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Mulai dari ekosistem , jenis dan genetika. Tak kecuali juga perihal upaya pemanfaatan dan perlindungannya.
-Luas daratan Indonesia mencapai 1.919.440 kilometer persegi, sedangkan luas perairannya mencapai 3.257.483 kilometer persegi dengan garis pantai sepanjang 99.093 kilometer (BIG 2013).
-Bahkan Indonesia memiliki flora dan fauna yang termasuk spesies purba dan langka di Indonesia dengan persebaran di tiga wilayah, yakni barat, peralihan, dan timur.
-Bentang alam Indonesia mengikuti Garis Wallacea, Garis Weber dan Garis Lydekker.
-Adanya perbedaan tersebut membuat keanekaragaman hayati menjadi sangat tinggi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url