Peaky Fookin’ Blinders: Keluarga Mafia yang Elegan nan Menawan

Film merupakan salah satu konsumsi publik yang tidak lekang oleh zaman maupun waktu. Dunia perfilman seakan-akan menjadi kebutuhan pokok bagi khalayak ramai. Bagaimana tidak, tema dari setiap film yang tersedia pun beragam dan dapat menarik minat serta perhatian publik. Dimulai dari film yang bertemakan romantis, komedi, misteri, bahkan horor. Selain itu, ada satu tema film yang tidak kalah keren dari tema-tema di atas, yakni film yang bertemakan sekaligus menceritakan tentang dunia gangster atau mafia yang lekat dengan kasus-kasus kriminal di dalamnya. Tentunya bagi saya, tema ini bisa menjamin kepuasan penonton dan memiliki daya tarik tersendiri apabila kisahnya diadopsi dari kisah nyata atau fiksi sekalipun.

Berbicara soal dewasa ini, rasanya tidak afdhal jika kita tidak menyebut satu nama film yang bertemakan demikian. Dan, beruntungnya kali ini, kita akan mengulas tentang salah satu serial film garapan dari beberapa lembaga atau industri film yang ciamik, sebut saja seperti BBC, Weinstein Company, Endomol, dan Netflix yang bekerjasama untuk memuluskan lisensi resmi hak siarnya. Caryn Mandabach Production dan Tiger Aspect Production juga ikut andil dengan menjadi rumah produksi film ini. 

Film tersebut adalah, “Peaky Blinders” yang ditulis oleh Steven Knight—penulis sekaligus direktur film ternama asal Birmingham, Inggris. Serial ini terdiri dari 6 musim yang di setiap musimnya memiliki 6 episode. Peaky Blinders bercerita tentang keluarga Shelby yang memiliki profesi sebagai mafia. Cillian Murphy alias Thomas Shelby merupakan pemimpin dari Peaky Blinders itu sendiri. Disertai dengan kakaknya Arthur Shelby (Paul Anderson), adik laki-lakinya John Shelby (Joe Cole), adik perempuannya Ada Shelby (Sophie Rundle), dan bibinya Polly Gray (Hellen McCrory). 

Awal mulanya, pada tahun 1919—pasca perang dunia pertama yang terjadi di Eropa. Sebelumnya, Peaky Blinders adalah geng jalanan biasa, tapi karena Thomas Shelby memiliki ambisi yang besar disertai dengan dukungan para saudara dan kerabatnya, akhirnya Peaky Blinders menjelma menjadi parlemen jalanan yang besar nan sukses, ditambah lagi menjadi pemasok importir komoditi-komoditi utama di sana. Peaky Blinders juga dikenal karena penampilannya yang elegan dengan mengenakan jas dan mantel, tailor vest dengan kemeja panjang, celana panjang, dan peaky hat yang disematkan silet di rajutan topinya menjadi ciri khas dan identitas mereka.

Dalam berbisnis, mereka tidak pernah meggunakan nama Peaky Blinders sebagai nama perusahaan, melainkan nama Shelby Company Limited-lah yang mereka gunakan. Kendati demikian, jiwa Peaky Blinders mereka tidak pernah pudar meskipun sedang menjalankan bisnis keluarganya. Dunia bisnis keluarga Shelby meliputi penjagaan pub, kasino, bar, dan sebagainya. Kemudian, akibat dari kecerdasan dan kekuasaan yang mereka miliki, Peaky Blinders atau The Shelby Family pun mulai melebarkan sayapnya lebih jauh lagi sehingga kedudukan mereka menyamai institusi-institusi pemerintahan dan menjadikan keluarga ini menjadi salah satu mafia yang disegani di daratan Birmingham.

Apabila kita telah menonton serial ini, maka penilaian kebanyakan orang terhadap keluarga Shelby ini adalah watak arogannya dan keambisiusannya yang tinggi dalam menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Namun, dibalik sisi buasnya itu, ternyata mereka memiliki rasa solidaritas keluarga yang kuat. Mereka menempatkan kepentingan keluarga di atas kepentingan lainnya. Dalam artian lain, segala sesuatu yang menyangkut kehidupan anggota keluarga mereka, maka harus didiskusikan terlebih dahulu bersama keluarga sebelum mengambil keputusan sendiri. Hal ini bertujuan supaya ada keterbukaan antaranggota keluarga dan sekaligus menemukan titik terang dari masing-masing permasalahan anggota keluarga. Meskipun tidak jarang seringkali terjadi konflik atau percekcokan di antara keluarga ini.

Sedikit menyinggung tokoh utama, Thomas Shelby. Thomas Michael Shelby atau yang lebih dikenal sebagai Tommy Shelby merupakan otak dari kelompoknya beserta pergerakan di dalamnya. Tommy dinilai sebagai seseorang yang berwibawa dan cerdas. Bagaimana tidak, kita ambil saja contohnya sewaktu ia bernegosiasi dengan seorang inspektur Campbell dari Belfast utusan Winston Churchill. Tommy dengan tenang dan piawainya meyakinkan inspektur tersebut dengan kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain, meskipun hasilnya tidak semulus dengan apa yang dibayangkan oleh Tommy. Kemudian, ketika Tommy dan pimpinan gangster beringas Kimber Boys pimpinan Billy Kimber mulai menjalin kerjasama dalam misi perampasan uang dari klan Lee di acara pacuan kuda yang turut mereka hadiri. Terakhir, Tommy berhasil memutuskan hubungan permusuhan antara Peaky Blinders dengan Lee Klan melalui pernikahan adiknya John Shelby dengan seorang gadis dari Lee Klan yang bernama Esme. Tentu saja semua pencapaiannya ini didasari dengan kepentingan keluarga yang ia junjung tinggi. 

Terlepas dari itu, tampaknya Peaky Blinders atau The Shelby Family tidak selalu memegang kuasa atas semuanya. Mereka seringkali terjerat beberapa masalah yang dapat berpotensi mengancam kehidupan setiap anggota keluarganya. Tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap bersinergi demi kepentingan keluarga sebagai hal yang utama. Itulah unsur keluarga yang kuat di dalam film ini yang bisa mematahkan penilaian orang awam terhadap film yang bertema demikian pasti selalu dipenuhi dengan kekerasan atau semacamnya.

Ditambah, latar tempat di daratan Inggris, lebih tepatnya di kota Birmingham yang memiliki nilai arsitektur bangunan dan pemandangan yang klasik serta apik untuk dilihat. Kita juga akan disuguhkan oleh jenis transportasi yang memperkuat suasana zaman di film ini, seperti kuda dan mobil bernuansa vintage. Tempat-tempat yang ikonik di dalam film ini pun dapat membawa kita kembali ke zaman di mana pasca perang dunia pertama usai. Aksen British-nya pun sangat kental di dalam film ini sehingga dapat memanjakan telinga. 

Peaky Blinders merupakan film drama kolosal kriminal yang membuat saya jatuh cinta untuk yang kedua kalinya kepada film yang bertemakan serupa setelah film legendaris The Godfather.

Terakhir, saya ingin mengatakan, “BY ORDER OF THE PEAKY FOOKIN’ BLINDERS!”

[“Mentor EB adalah divisi yang dibuat oleh EB tahun 2020 lalu. Tujuannya untuk menerbitkan konten yang berkualitas dan juga bisa membimbing kalian yang ingin menerbitkan postingan di grup ini. Kamu bisa menghubungi saya atau mentor lain jika kamu bingung dan butuh bantuan.”] 

Yuk kunjungi juga media EB ID lainnya :
Fanspage : [fb.me/ensikpediaID]
YouTube : [youtube.com/channel/UCLaV06Sm2OubcDvO_NvL6kA]
Instagram : [instagram.com/ensiklopediabebasid]

Referensi :
[1] Wikipedia. 2021. History of Peaky Blinders. https://en,wikipedia,org/wiki/Peaky_Blinders
[2] Wikipedia. 2021. TV Series “Peaky Blinders. https://en,wikipedia,org/wiki/Peaky_Blinders_(TV_series)
[3] Prungtw. Review film Peaky Blinders. https://www,prungtw,com/blogs/news/peaky-blinders-movie-review
[4] Birminghammail. 2021. Up to date news about Peaky Blinders. https://www,birminghammail,co,uk/all-about/peaky-blinders

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url